Desa Jambudipa Warungkondang Melaksanakan Pembangunan Rehabilitasi Bendungan Kilalayu Proyeksi Penunjang Ketahanan Pangan

Desa Jambudipa Warungkondang Melaksanakan Pembangunan Rehabilitasi Bendungan Kilalayu Proyeksi Penunjang Ketahanan Pangan

Rabu, 04 September 2024

Kepala Desa Jambudipa, Deni Rustandi kepada crew media ketika diwawancara di lokasi pembangunan, Rabu (4/9/2024).

CITRAJURNALISNEWS.COM
CIANJUR - Pemerintah Desa Jambudipa melaksanakan pembangunan Rehabilitasi Bendungan Kilalayu Proyeksi Penunjang Ketahanan Pangan yang berlokasi di Kp. Jampudipa RT.04/03 Desa Jampudipa Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur.


Adapun volume pengerjaan bendungan panjang 24 meter, tinggi 3 meter, bendung 5,4 meter, bronjong panjang 6 meter, tinggi 3,5 meter dan 4 meter. Adapun sumber anggaran dari dana desa (DD) tahun 2024 Rp. 61.528.500,-. sebagai pelaksana pembangunan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Jambudipa.


Kepala Desa Jambudipa, Deni Rustandi kepada crew media mengatakan bahwa pembangunan rehabilitasi bendungan kilalayu ini sebagai penunjang ketahanan pangan, di mana pemanfaatan air di bendungan ini sudah 14 tahun tidak ada kegiatan rehabilitasi sehingga air tidak bisa sepenuhnya naik ke area persawahan yang ada di 5 kampung dan 2 desa, yaitu desa Jambudipa dan dan desa cikaroya.


"Alhamdulillah tahun ini sesuai dengan
hasil musyawarah dusun dan hasil musyawarah desa di tahun 2023 pemanfaatan bendungan Kilalayu bisa dilaksanakan di 2024, kita menganggarkan dari anggaran dana desa tahun 2024 untuk proyeksi program penunjang ketahanan pangan, pembangunan rehabilitasi bendungan kilalayu di desa jambudipa itu lebih tepat di RT 04 RW 04," terangnya Kepala Desa Jambudipa, Deni Rustandi kepada crew media ketika diwawancara di lokasi pembangunan, Rabu (4/9/2024).


Deni juga menyebutkan, Dengan pembangunan bendungan ini dapat membantu petani terutama pada musim kemarau saat ini, dampak dari musim kemarau debit air berkurang, penyebab lain air berkurang adanya kebocoran, tanggul jebol dan abrasi. Dampak lain memang sudah lama tidak ada rehabilitasi bendungan.


"Air dari Bendungan Kilalayu ini mengairi area persawahan di dua desa dengan luas sekitar 60 hektar dan bendungan ini berfungsi sebagai penunjang ketahanan pangan demi meningkatkan hasil produksi padi dari area  persawahan tersebut," sebutnya.


"Sehingga dengan pembangunan Rehabilitasi Bendungan Kilalayu  bisa meningkatkan produksi padi, misalkan satu hektar sawah produksi padi yang biasa 6 ton sekarang bisa mencapai  9 ton, mudah-mudahan dengan airnya yang stabil akan meningkatkan produksi pertanian khususnya pertanian padi di 5 kampung desa jambudipa dan didesa sekitarnya," pungkasnya.(Hendrik)