Penyaluran Dana Bantuan Stimulan Gempa Cianjur Tahap 4 Di Desa Bunisari Warungkondang Berjalan Lancar

Penyaluran Dana Bantuan Stimulan Gempa Cianjur Tahap 4 Di Desa Bunisari Warungkondang Berjalan Lancar

Selasa, 20 Agustus 2024

Kepala Desa (Kades) Desa Bunisari Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur, H. DEDI JUHAERI.

CITRAJURNALISNEWS.COM

CIANJUR - Kepala Desa (Kades) Desa Bunisari Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur, H. DEDI JUHAERI mengatakan bahwa, untuk jumlah penerima dana bantuan stimulan gempa cianjur tahap 4 untuk Desa Bunisari sebanyak 390 KPM sedangkan yang sudah dicairkan sampai saat ini kurang lebih sekitar 50%.


"Alhamdulillah penyaluran dana bantuan stimulan gempa cianjur tahap 4 berjalan lancar tidak ada kendala tapi memang karena  penjadwalan pencairan dari Pihak BNPD dan Pihak Bank Mandiri untuk Desa Bunisari sedikit dibandingkan dengan desa desa lain, sehingga sampai saat ini hanya sekitar 50%," sebut H. DEDI JUHAERI di ruang kerja-nya ketika dikunjungi oleh crew media, Selasa (20/8/2024).


Lanjut Kades, adapun kategori kerusakan bangunan untuk penerima dana bantuan stimulan gempa cianjur tahap 4 di desa bunisari paling banyak masuk kategori kerusakan ringan dan kerusakan sedang serta untuk kategori kerusakan berat hanya sedikit.


"Untuk tim teknis di Desa Bunisari dibagi 2, untuk kategori kerusakan ringan dan sedang dari Desa sedangkan untuk kategori kerusakan berat dari Perkim," terangnya.


Ia pun menerangkan, diketahui bahwa untuk pencairan dana stimulan tahap 4 berbeda dengan tahap sebelumnya, dimana BPBD harus mengajukan permintaan ke BNPB setelah pemeriksaan tuntas yang dilakukan tim teknis termasuk untuk verifikasi.


"Setelah verifikasi dan datanya lengkap, BPBD melakukan usulan ke BNPB, selanjutnya akan kembali diverifikasi ulang sebelum dana di transfer ke rekening penerima melalui Bank Mandiri," sebutnya.


"Kami dari pihak desa akan terus membantu warga penerima dana bantuan stimulan gempa cianjur tahap 4 bahkan terus memantau dan memonitor sampai pencairan di Bank Mandiri," tegasnya.


"Kami berharap dan akan berusaha semaksimal mungkin membantu, sesuai dengan instruksi dan arahan Bupati Cianjur bahwa pada akhir Agustus ini penerima dana bantuan stimulan tahap 4 selesai semua," pungkasnya.(Khoer_Azis)