HUT Ke-63 Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Cilaku Cianjur Sukses Dan Capai Target 100% Dalam Pelaksanaan Program

HUT Ke-63 Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Cilaku Cianjur Sukses Dan Capai Target 100% Dalam Pelaksanaan Program

Rabu, 21 Agustus 2024

ketua Kwaran Kec. Cilaku, Asep Sulaiman, S.Pd,M.Pd, saat di Kunjungi Crew Media di tempat Kerja-nya SDN Cibantala 1 Kec. Cilaku. Rabu (21/8/2024) pukul 11.00 WIB.

CITRAJURNALISNEWS.COM
CIANJUR - Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur menjelang hari pramuka ke -63 pada tanggal 14 Agustus 2024 yang lalu, dalam menyambut dan memeriahkan hari Pramuka Kwaran Kec. Cilaku mempunyai beberapa program yang pertama, Gelang Ajar yang dilaksanakan oleh para pembina Kwaran  Kec. Cilaku, yaitu khusus pembina siaga putra dan putri.


"Alhamdulillah dari semua Pangkalan (Sekolah) dan semua Gudeg (Satu Pangkalan Bisa memiliki lebih dari satu Gudeg) dapat melaksanakan dan dapat mengikuti pelaksanaan kegiatan Gelang Ajar tersebut dan itu adalah targetnya yang pertama untuk mencetak Garuda di golongan siaga khususnya itu. Insya Allah untuk tahun yang akan datang 2025, itu ingin saya targetkan mencetak Garuda siaga sampai 100 Garuda. Ditargetkan dari satu gudeg atau satu pangkalan itu mengirimkan atau mencetak dua anggota untuk digembleng dan diajari untuk mencapai target di tahun 2025," terang ketua Kwaran Kec. Cilaku, Asep Sulaiman, S.Pd,M.Pd, saat di Kunjungi Crew Media di tempat Kerja-nya SDN Cibantala 1 Kec. Cilaku. Rabu (21/8/2024) pukul 11.00 WIB.


"Selanjutnya yang kedua adalah Program perkemahan di Kwaran Cilaku untuk lokasi perkemahan dilaksanakan di masing-masing pangkalan (Sekolah) dan Gudeg dengan tujuan yang pertama adalah untuk melibatkan semua anggota pramuka itu berbeda dengan bila atau seandainya perkemahan dilaksanakan di luar dari Kwaran itu akan terbatas paling mengirimkan satu atau 2 Regu tapi kalau dilaksanakan di tiap pangkalan itu akan dilaksanakan oleh semua anggota,"


"Anggota melaksanakan kegiatan yang pertama adalah golongan siaga untuk kegiatan Persari (Perkemahan satu hari) dan untuk penggalang adalah Perjusa (Perkemahan Jumat-sabtu),"


"Alhamdulillah seperti apa yang telah ditargetkan dan direncanakan itu sesuai Program serta semua kegiatan berjalan lancar, dan para anggota dapat mengikuti kegiatan tersebut, anggota juga ada yang melaksanakan Perjusa dan ada yang melakukan Persami,"


"Semua anggota dapat melaksanakan semua program dan itu menjadi kebanggaan bagi kami karena apa karena semua anggota pramuka Kwaran Cilaku  dapat melaksanakan semua kegiatan tersebut sehingga target yang telah dicanangkan sebelumnya itu mencapai target 100% Program dapat dilaksanakan dan itu menjadi kemanfaatan dan kelebihannya,"


"Kemudian terkait anggaran/ biaya kegiatan seandainya sekarang diadakan di luar dari Kwaran itu akan menghabiskan dana/ biaya yang mungkin besar, pasti besar. Dengan perkemahan dilakukan di setiap pangkalan untuk biaya akan lebih irit lebih kecil lagi bahkan bisa diminimalisir anggaran,"


"Terus yang selanjutnya adalah keterlibatan orang tua juga kalau di pangkalan masing-masing orang tua betul-betul melihat langsung kegiatan anak-anak atau bisa memantau kegiatan bahkan dari siang hari sampai malam harinya orang tua selalu memantau, dengan demikian dapat memasyarakatkan gerakan pramuka,"


"Dalam pelaksanaan upacara hari pramukanya pada hari H-nya tanggal 14 Agustus  dilaksanakan di lapang Kebon Jeruk di sekitar kantor Kwaran dan Kordik Cilaku, Upacara tersebut dipimpin oleh Mabiran yaitu Camat Kecamatan Cilaku. Alhamdulillah sukses juga sesuai dengan apa yang diharapkan dan itu menjadikan satu motivasi untuk semua anggota pramuka dan mudah-mudahan untuk kedepannya saya dan semua pengurus Kwaran dapat melaksanakan program kegiatan lebih dari sekarang dan meraih prestasi di tingkat Kabupaten Cianjur," pungkasnya.(Khoer_Azis)