Kemenag Kab. Cianjur Melaksanakan Kick Off & Launching Program Direktorat Pemberdayaan Zakat Dan Wakaf Kemenag RI

Kemenag Kab. Cianjur Melaksanakan Kick Off & Launching Program Direktorat Pemberdayaan Zakat Dan Wakaf Kemenag RI

Rabu, 17 Juli 2024

CITRAJURNALISNEWS.COM

CIANJUR - Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan Kick Off dan Launching Program Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI yang bertempat di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cianjur, Selasa  (16/7/2024) pukul 13.00 WIB.


Kegiatan secara serentak dilaksanakan oleh Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI yang berlangsung secara Zoom Meeting (live streaming) di Gedung KDA Kemenag Kabupaten Cianjur.


Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, H. RAMLAN RUSTANDI, S.Ag.,M.Si. diwakilkan oleh Kasi Penyelenggara Zakat dan Wakaf (PZW), H. ASEP. SAEPUDIN, S.Ag.,M.M beserta Jajaran, Ketua Baznas Kabupaten Cianjur, H. Tata, A.Pi., MM beserta Jajaran dan Para Anak Yatim Piatu serta Tamu Undangan lainnya.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, H. RAMLAN RUSTANDI, S.Ag.,M.Si. melalui Kasi Penyelenggara Zakat dan Wakaf (PZW), H. ASEP. SAEPUDIN, S.Ag.,M.M, mengatakan bahwa Kegiatan tersebut sebagai momentum  dengan peringatan Idul Yatama atau Hari Raya Yatama atau Lebaran Anak Yatim setiap tanggal 10 Muharam. Adapun tema pada kegiatan Lebaran Yatim "Berbagi Cinta Berlimpah Berkah".


Pada kesempatan tersebut Kasi Penyelenggara Zakat dan Wakaf (PZW), H. ASEP. SAEPUDIN, S.Ag.,M.M kepada crew media menyampaikan bahwa, Kementrian Agama RI melalui Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf menyelenggarakan Lebaran Yatim atau Idhul Yatim pada hari ini (10 Muharam) dengan mengusung tema "Berbagi Cinta Berlimpah Berkah".


Menurut Kasi PZW, Kementerian Agama mencoba untuk menjadi contoh bukan memberi contoh, menjadi contoh kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melaksanakan zakat dan wakaf."Dalam hal kaitannya dengan zakat disini Kemenag melaksanakan pemberian santunan kepada anak yatim , difabel, warga yang tidak mampu," sebutnya.


"Pada hari ini juga dilaksanakan kick off terkait dengan Kota Wakaf yang sudah ada di beberapa daerah se-Indonesia ditampilkan melalui live streaming termasuk salah satunya Provinsi Jawa Barat, yaitu Kabupaten Tasikmalaya yang sudah melaksanakan lounching kota wakaf,"


"Selanjutnya Kementerian Agama mencoba untuk menjadi contoh terkait dengan bagaimana wakaf, tidak hanya sekedar dipahami sebagai wakaf yang bersifat sosial tapi bagaimana caranya agar Wakaf ini menjadi wakaf yang benar benar berguna dan bermanfaat secara luas maka dengan itu dibentuklah salah satunya wakaf produktif,"


"Masyarakat harus diberi pemahaman terkait wakaf produktif ini jadi bukan hanya tujuan sosial tapi wakaf bisa diproduksi bisa diproduktifkan sehingga bisa menghasilkan dan bermanfaat untuk masyarakat secara luas dan selanjutnya ada kick off tentang wakaf uang, wakaf uang ini akan sangat bermanfaat dan berguna buat masyarakat ke depan-nya karena wakaf uang ini bila sudah terkumpul akan  bisa dijadikan untuk modal usaha tetapi uang yang diwakafkan itu tetap tidak berkurang, nantinya dari hasil-hasil usaha yang berasal dari uang wakaf akan bisa didayagunakan untuk masyarakat,"


"Itu barangkali yang bisa kami sampaikan terkait kegiatan lebaran yatim hari ini dan juga terkait program pemberdayaan zakat dan wakaf, Launching kick off kota wakaf dan wakaf uang. Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa terbangun masyarakat bisa sadar bahwa untuk membantu masyarakat lain yang tidak mampu itu banyak jalan yang harus dilakukan khususnya melalui zakat dan wakaf," pungkasnya.


Diakhir kegiatan Kick Off dan Launching Program Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Kemenag Kabupaten Cianjur Bersama Baznas Kabupaten Cianjur secara simbolis membagikan Bantuan Sembako dan Santunan Kepada anak-anak yatim piatu.(Dani)




Editor Berita : Khoer_Azis