Baznas Kab. Cianjur Gelar Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan se-Kabupaten Cianjur Semester Pertama Tahun 2024

Baznas Kab. Cianjur Gelar Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan se-Kabupaten Cianjur Semester Pertama Tahun 2024

Rabu, 10 Juli 2024


CITRAJURNALISNEWS.COM

CIANJUR - BAZNAS (Badan Amil Zakar Nasional) Kabupaten Cianjur menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan se-Kabupaten Cianjur semester  pertama tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan Di Asrama Haji Kemenag Kabupaten Cianjur, Rabu (10/7/2024).


Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Cianjur, Herman Suherman., dalam sambutannya, Bupati Cianjur mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) atas kenaikan zakat yang berhasil dikumpulkan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di 32 Kecamatan.


Hal itu disampaikan Bupati Cianjur saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se-Kabupaten Cianjur Tahun 2024.“Saya sampaikan apresiasi kepada BAZNAS Cianjur yang pendapatannya terus meningkat pertahun-nya," kata Bpk. H. Herman Suherman.


Menurut beliau, Kabupaten Cianjur berpotensi dalam peningkatan zakat karena beberapa faktor salah satunya keterlibatan ASN dalam kewajiban membayar zakat.“Cianjur itu potensi. Islam nya itu hampir 96 persen dan juga Kabupaten yang luas serta penduduknya padat,” ujarnya.


"Hasil dari zakat pemanfaatannya dinilai luar biasa karena kolaborasi dengan Pemkab Cianjur sehingga tepat sasaran dalam rangka peningkatan IPM dan penurunan stunting serta menurunkan kemiskinan ekstrem," tegasnya.


Diakhir sambutannya Bupati Cianjur  Berencana akan menambah anggaran operasian tiap kecamatan dalam wacana perubahan anggaran dalam rangka menambah anggaran bagi ops. kecamatan bagi MUI dan Baznas.


"Teruskan lanjutkan membantu masyarakat dalam penyaluran infak, sodakoh dan zakat dan selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu berinfak, sodakoh dan zakat untuk mewujudkan Cianjur yang maju , religius dan berakhlak mulia," pungkas Bupati Cianjur.


Kemudian, Ketua BAZNAS Kab. Cianjur H. Tata menyebut, ada beberapa faktor yang berpengaruh sehingga meningkatkan zakat.


“Faktor yang sangat berpengaruh salah satunya kebijakan Bupati Cianjur dan dukungan semua pihak. Alhamdulillah pendapatan Baznas dari penerimaan ZIS dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, untuk tahun 2023 penerimaan ZIS sekitar 18 milyar lebih meningkat sekitar 20 milyar lebih tahun 2024 ( Data Baznas Cianjur), " kata beliau.


Diakhir kegiatan Bupati Cianjur, Herman Suherman memberikan Penghargaan kepada BAZNAS di tingkat Kecamatan yang penerimaan ZIS-nya mengalami peningkatan tiap tahunnya, untuk peringkat pertama mendapat 10 juta, Peringkat kedua 7,5 juta dan peringkat ketiga 5 juta.(Dani)